Mulai Hari Ini, Pesawat Resmi Dilarang Bawa Penumpang

Pemerintah Indonesia resmi menghentikan sementara layanan transportasi udara untuk membawa penumpang. Ketentuan ini berlaku sejak Jumat, 24 April 2020 hingga 1 Juni 2020 guna pencegahan virus corona.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto. Ia mengatakan bahwa larangan ini berlaku untuk penerbangan domestik maupun luar negeri.

Baca Juga:

“Untuk sektor transportasi udara saya sampaikan pertama larangan perjalanan dalam negeri dan luar negeri, baik transportasi udara berjadwal maupun carter 24 April-1 Juni 2020,” kata Novie melalu telekonferens, Kami (23/4/2020).

Namun, Novie juga mengatakan bahwa ada pengecualian untuk pimpinan lembangan tinggi negara maupun wakil kenegaraan hingga organisasi Internasional.

Mulai Hari Ini, Pesawat Resmi Dilarang Bawa Penumpang

“Selain itu, organisasi penerbangan khusus pemulangan WNI, WNA dan terkait penegakan hukum dan pelayanan darurat petugas penerbangan masih bisa dengan seizin menteri,” ujarnya.

Hal serupa berlaku untuk pengangkutan layanan medis dan logistik.

“Navigasi udara tetap dibuka 100% sedangkan bandara juga beroperasi seperti biasa di mana mereka wajib layani pesawat take off landing dan pesawat yang melintasi bandara tersebut,” lanjut Novie.

Maskapai garuda sudah mengungkap dampak pandemi ini akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Garuda juga menyatakan bahwa pendapatan perusahaan pada kuartal I-2020 akan tertekan akibat wabah corona.