Pemerintah AS Hentikan Permintaan Visa dari Seluruh Dunia

Terkait dengan perkembangan pandemi Virus Corona Covid-19 secara global, Pemerintah Amerika Serikat (AS) memutuskan menghentikan permintaan Visa dari seluruh dunia.

Departemen Luar Negeri AS menyatakan kebijakan ini per tanggal (20/03) waktu setempat akan dilaksanakan demi mencegah masuknya virus corona ke negaranya. Kebijakan ini belum diputuskan hingga kapan.

Ilustrasi Corona di AS
Ilustrasi Corona di AS

Sebelumnya Pemerintah AS telah menangguhkan sementara permintaan visa baik imigran maupun non imigran, namun hanya untuk sejumlah negara seperti Korea Selatan, Afrika Selatan, Jerman, dan Spanyol. “Menanggapi tantangan signifikan di seluruh dunia terkait dengan pandemi COVID-19, Departemen Luar Negeri untuk sementara menangguhkan layanan visa rutin di semua kedutaan dan konsulat AS,” tulis keterangan Deplu AS seperti dilansir AFP, Jumat (20/3) waktu setempat.

Baca Juga :
https://jalanmania.net/berita/27-tempat-wisata-di-sumatera-utara-tutup

Namun, Deplu AS masih mempertimbangkan pemberian visa darurat dengan catatan “jika sumber daya mengizinkan.” Walau menghentikan permintaan visa dari seluruh dunia, Deplu AS menyatakan tetap membuka perwakilan kedutaan bagi warganya.

Deplu AS juga mendesak seluruh warganya di luar negeri untuk pulang segera jika penerbangan komersial tersedia. Deplu AS menyatakan, penangguhan itu dinilai tidak akan mempengaruhi pariwisata AS. Sebab wisatawan dari beberapa negara kawasan Asia barat dan negara kaya lainnya dapat datang ke AS tanpa visa. Namun, AS telah menghentikan sementara kedatangan sebagian besar wisatawan Eropa.