5 Destinasi Korea Selatan Romantis Saat Musim Gugur

Musim gugur tentu menawarkan keindahan pemandangan alam yang berbeda dibanding musim-musim lainnya. Dedaunan yang hijau kini menjadi merah dan cokelat, serta mulai berguguran mewarnai bumi tempat berpijak.

Ditambah lagi udara yang menyejukan membuatmu mengidamkan minuman hangat. Namun, sayangnya musim ini tak ada di negara kita, sehingga kita harus terbang ke negera lain untuk merasakan nuansanya.

Lantas kita harus kemana? Kita bisa ke negara yang memiliki musim gugur seperti Korea Selatan. Di Korsel, kalian bisa menikmati musim gugur pada bulan september hingga november. Nah, jika kalian kesana, ada beberapa tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat musim gugur. Dan berikut adalah tempatnya:

1. Samcheongdong

Destinasi musim Gugur Samcheongdong

Samcheongdong sebuah daerah di kota Seoul yang memiliki banyak kafe, galeri seni dan toko vintage. Tempat ini cocok untuk bersantai sembari menikmati jalanan yang ramai. Kamu bisa window shopping, berbelanja barang antik, atau sekedar membeli kopi dan menikmati pemandangan dedaunan yang jatuh ke jalanan yang ramai.

Samcheongdong jadi tempat yang ingin kamu kunjungi? Keluar dari Anguk Station melalui pintu Exit 1 dan kamu sudah bisa langsung ke area ini.

2. Changdeokgung Palace

Destinasi musim Gugur Changdeokgung Palace

Berdiri pada tahun 1405, Changdeokgung Palace adalah villa kerajaan kedua yang dibangun setelah konstruksi Gyeongbokgung Palace. Menjadi istana pemerintahan selama Dinasti Joseon, tempat ini paling terawat di antara istana lainnya. Istana ini berada di tengah kota Seoul dan Secret Garden di dalamnya memiliki panorama yang indah dan damai. Pada masa kerajaan, Secret Garden menjadi tempat untuk bersantai yang tertutup dari bisingnya dunia luar. Pada saat musim gugur, Secret Garden menjadi tempat yang wajib kamu kunjungi saat berwisata ke Changdeokgung Palace.

Berlokasi di Jongno-gu, Seoul, kamu bisa menjangkau istana ini dengan berjalan kaki dari pintu keluar Exit 3 Anguk Station.

3. Jeonju Hanok Village

Destinasi musim Gugur  Jeonju Hanok Village

Jeonju Hanok Village berlokasi di kota Jeonju dan termasuk ke dalam perumahan tradisional Hanok Korea. Desa ini bertumpang tindih Pungnam-dong dan Gyo-dong dan memiliki pesona sejarah serta tradisi Korea. Di desa Jeonju Hanok ini, kamu dapat menyewa Hanbok (baju tradisional khas Korea Selatan) dan menjelajah desa ini. Kamu bahkan dapat menikmati makanan khas lokal dan menginap di rumah tradisional di sini. Tenang saja, setiap rumah memiliki sistem penghangat ruangan sehingga kamu tetap merasa nyaman dan hangat.

Jika tertarik ke Jeonju Hanok Village, naik bis ekspress dari Seoul Gosok Bus Terminal menuju Jeonju Espress Bus Terminal, dan lanjut menaiki taksi ke Jeonju Hanok Village.

Baca Juga: 5 Studio Foto Korea Ini Jadi Terkenal Karena K-Drama

3. Bulguksa Temple

Destinasi musim Gugur Bulguksa Temple

Bulguksa Temple didesain sebagai salah satu World Cultural Asset oleh UNESCO tahun 1995. Kuil ini menggambarkan relik Gyeongju dan dibangun pada tahun 528 selama pemerintahan Kerajaan Silla. Kuil Bulguksa telah mengalami banyak renovasi antara abad 10 sampai abad 16, dan terdiri dari berbagai macam relik budaya. Mulai dari Dabotap Pagoda, Seokgatap Pagoda, Amita Pagoda, Saritap Pagoda, dan lainnya. Kamu bisa melihat upacara teh tradisional dan berkesempatan bangun pagi bersama para biarawan, lalu menjelajahi dasar kuil yang suci. Selain itu, kamu bisa menjelajah di antara bangunan sembari mengagumi musim gugur.

Untuk bisa mengunjungi Kuil Bulguksa yang berada di Gyeongsangbuk-do, kamu dapat menaiki KTX dari Seoul Station ke Singyeongju.

4. Deoksugung Stone Wall Road

Destinasi musim Gugur Deoksugung Stone Wall Road

Berlokasi di Jung-guDeoksugung Stone Wall Road menjadi destinasi ideal untuk menikmati musim gugur yang romantis. Pepohonan rindang dengan warna yang hangat membentuk sebuah kanopi di sepanjang jalan dari Deoksu Palace menuju Jeingdong Theatre, menjadi sebuah panorama yang membuatmu langsung jatuh hati. Baik turis domestik maupun mancanegara tertarik dengan keindahan jalan ini. Namun ternyata, ada sebuah mitos legendaris mengenai jalan ini. Konon, pasangan yang berjalan bersama menyusuri Deoksugung Stone Wall Road akan berakhir dengan putus. Menariknya, banyak juga cerita yang mengatakan kalau sebagian pasangan melewati jalan ini dan tetap bersama.

Mau mencoba mitos itu langsung? Atau sekadang menikmati pemandangan yang romantis? Kamu bisa turun di City Hall Station dan keluar melalui pintu Exit 2 untuk menuju ke Deoksugung Stone Wall Road.

5. Naejangsan National Park

Naejangsan National Park

Taman nasional lain yang wajib kamu kunjungi saat musim gugur di Korea Selatan adalah Naejangsan National Park. Taman ini menjadi tempat ikonik untuk menikmati musim gugur. Jalan-jalan setapaknya dihiasi dengan daun gugur berwarna kuning hingga merah, berpadu bak karpet alami yang menutupi tanah. Taman ini pun menyediakan tempat piknik di bawah pohon dengan ditemani alunan musik. Selain itu, Taman Nasional Naejangsan juga mengadakan festival Maple Tree setiap tahunnya. Jadi, menambah satu alasan untuk datang ke tempat ini!

Bagaimana cara ke Naejangsang National Park? Dengan subway, naik dari Seoul Station dengan tujuan Yongsan Station, lalu berpindah ke KTX sampai Jeong-eup Station. Selanjutnya, naik bis lokal menuju taman ini.