10 Jajanan Pinggir Jalan Paling Khas di Berbagai Negara Yang Wajib Kamu Coba

Saat mengunjungi suatu negara, memang paling enak ketika mencicipi kuliner jajanan di pinggir jalan. Selain menambah pengalaman baru, jajanan di pinggir jalan memiliki rasa otentik yang merepresentasikan kuliner khas suatu negara.

Dan hal ini juga sebagai salah satu cara buat kamu yang mau jalan-jalan keluar negeri tapi tetap mau ngirit. Dan berikut adalah jajanan khas di berbagai negera yang wajib kamu coba.

1. Masala Dosa dari India

Jajanan Masala Dosa dari India

Jika kamu berkunjung ke India, ini merupakan salah satu jajanan khas yang wajib kalian coba. Bahan dasar makanan ini berasal dari nasi, garam, minyak sayur, dan cabe hijau. Lalu ditambahkan oleh daun kari, biji mustard, biji fenugreek, kentang, bawang merah, dan kunyit. Dengan sausnya yang memiliki berbagai rempah-rempah membuat makanan ini sangat gurih dan nikmat.

2. Doner Kebab dari Turki

Jajanan Kebab dari Turki

Tentu sebagian dari kita sudah mengenal makanan ini, atau bahkan dijual di kota kamu.

Kebab makanan khas Turki ini pertama kali di perkenalkan melalui Jerman dari imigran Turki pada tahun 1970-an. Saat saat itu, makanan ini menjadi jajanan yang populer di pinggir jalan. Kebab biasanya disajikan mirip roll sand wich yang menggunakan irisan daging domba, sapi atau ayam yang di panggang seperti gumpalan daging sate yang besar yang diputar secara vertikal.

3. Currywurst dari Jerman

Jajanan Currywurst dari Jerman

Jajanan khas Jerman ini dulunya terkenal di kalangan pekerja bangunan, namun makanan ini makin kesini makin eksis dan dapat ditemukan di setiap sudut kota di Jerman. makanan ini biasanya terdiri dari sosis panggang yang dipotong kecil-kecil, lalu disirami saus tomat dan bubuk kari di atasnya dan ditambahkan sepotong roti.

4. Pad Thai dari Thailand

Jajanan Pad Thai dari Thailand

Jika kamu sebelumnya membaca artikel tentang 5 Makanan Thailand Yang Enak Banget dan Cocok di Lidah Orang Indonesia. Mungkin kamu sudah tahu betapa enak makanan ini. Pad Thai sendiri merupakan mie mirip kwetiau yang terbuat dari beras kemudian dimasak dengan gula aren dan kuah asam, lalu ditambahkan dengan udang, kacang, tauge dan taburan daun bawang membuat cita rasa pada Pad Thai begitu gurih dan segar.

5. Sashimi dari Jepang

Jajanan Sashimi dari Jepang

Salah satu makanan terkenal yang bahkan ada di Indonesia juga ini merupakan sebuah makanan dari olahan ikan mentah yang disajikan bersama nasi, kecap asin, dan wasabi yang pedas.

Biasanya olahan ini menggunakan ikan salmon, tuna, fugu, bisa juga cumi-cumi dan udang yang di iris-iris.

6. Arancini dari Italia

Jajanan Arancini dari Italia

Makanan ini mirip dengan gorengan yang ada di Indonesia. Menggunakan bola nasi yang dilapisi remah roti, kemudian di goreng. Mereka biasanya diisi dengan daging ditambah saus tomat, mozzarella, dan kacang polong.

7. Poutine dari Kanada

Jajanan Poutine dari Kanada

Terbuat dari kentang goreng dan dadih keju yang disiram saus kaldu yang kental. Poutine pertama kali dikenalkan pada tahun 1950-an di Provinsi Quebec, Kanan. Dan makanan ini merupakan makanan paling populer di kanada.

8. Pirozhki dari Rusia

Jajanan Pirozhki dari Rusia

Pirozhki merupakan roti yang memiliki berbagai isian. Roti ini biasanya di panggang atau di goreng. Selain di Rusia makanan ini juga populer di Ukraina.

9. Ceker Ayam dari China

Jajanan Ceker Ayam dari China

Untuk sebagian orang, mengonsumsi ceker ayam memang aneh. Tapi tidak bagi warga di negara-negara Asia Timur dan Tenggara, khususnya Cina.

Di China, ceker ayam malah diyakini bagus untuk kesehatan. Biasanya ceker ayam yang di olah di china dikukus atau digoreng dengan bumbu pedas. Kamu bisa mudah menjumpai makanan khas ini di pinggir jalan saat mengunjungi china.

10. Gorengan dari Indonesia

Jajanan Gorengan dari Indonesia

Yang terakhir adalah dari negara kita Indonesia. Makanan ini dapat kita temukan di setiap perkotaan di Indonesia dengan mudah. Jajanan ini terbuat dari berbagai bahan, mulai dari tempe, tahu, singkong, dan lain-lain dengan adonan tepung yang di goreng dengan minyak panas. Makanan ini juga lebih enak ketika dipadukan dengan bumbu kecap pedas atau sambal atau sambil menggigit cabai rawit pedas.