Terlanjur Buat Visa Italia saat Corona? Simak Artikel ini

Negara Italia saat ini telah melakukan Isolasi atau Lockdown pada negaranya. Sehingga buat kamu yang telah memiliki visa Italia kini tidak dapat ke Italia.

Lalu bagaimana mengatasinya? Menurut situs resmi VFS Golbal selaku institusi remis yang ditunjuk Kedutaan Besar Italia, mengatakan ada beberapa opsi yang disediakan bagi kamu yang memiliki visa Italia.

“Sehubungan dengan keadaan darurat terkait Covid-19, Kedutaan Besar Italia akan memberikan kebijakan khusus bagi orang telah mempunyai visa Schengen yang diterbitkan dari tanggal 1 Februari 2020 hingga 30 Juni 2020 dan belum pernah digunakan, untuk melakukan perubahan masa berlaku visa (tanpa perlu membayar biaya visa baru ataupun biaya jasa VFS Global),” pernyataan resminya.

Terlanjur Buat Visa Italia saat Corona? Simak Artikel ini

Untuk melakukan perubahan masa berlaku visa yang telah diterbitkan sesuai dengan rentang waktu di atas, kamu harus memenuhi syarat berikut ini:

  1. Visa yang telah diterbitkan itu belum pernah digunakan
  2. Pemegang visa harus dapat menunjukkan bahwa ia telah menunda (bukan membatalkan) perjalanan dengan memberikan dokumen pendukung baru yang sesuai dengan penundaan ini.
  3. Permohonan penggantian/perpanjangan visa ini dapat dilakukan dalam waktu 120 hari sejak tanggal visa diterbitkan pada Italy Visa Application Center – VFS Global.
  4. Jadwal perjalanan baru sesuai dengan peraturan visa terbaru, tidak bisa melebihi 180 hari sejak tanggal pengajuan permohonan penggantian/perpanjangan visa.

Dalam kasus lain yang tidak termasuk dalam penjelasan di atas, Kedutaan Besar Italia tidak bisa memberikan penggantian biaya.

Baca Juga: Singapura Batasi Pendatang Karena Imported Case COVID-19 Terus Meningka

Apabila kamu telah pergi atau tengah berada di Italia sebelum 3 April, diwajibkan mengikuti peraturan pembatasan pergerakan manusia yang sedang diberlakukan di Italia sesuai dengan dekrit Perdana Menteri Italia tertanggal 8 dan 9 Maret 2020.